Ernando Ari yang diandalkan Timnas Indonesia U-23 saat menghadapi Timor Leste dalam lanjutan Sea Games 2021 mendapatkan banyak pujian.

Bukan tanpa alasan, ia dipuji karena berhasil menepis tendangan penalti pemain Timor Leste yang terjadi saat pertandingan baru berjalan dua menit.

Marc Klok yang mentackle lawan membuat Timor Leste mendapatkan penalti, beruntung Ernando Ari berhasil menepis tendangaan dan skor masih imbang 0-0.

Penyelamatan tersebut sangat krusial mengingat gol cepat tentu akan berdampak pada mental para pemain, beruntung penaltinya tak bisa dikonversi menjadi gol untuk Timor Leste.

Tak hanya warga net yang memberikan pujian, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong juga turut memberikan pujian untuk penampilan apik Ernando Ari terutama saat menepis penalti.

Juru taktik asal Korea Selatan tersebut tetap memuji Ernando Ari meski kebobolan satu gol dari Mouzinho di pertengahan babak kedua.

“Walaupun kemasukan satu gol, tetapi dia bisa menepis penalti saat pertandingan baru dimulai,” kata Shin dalam konferensi pers pascalaga, Selasa (10/5/2022).

“Memang lawan hari ini lebih lemah daripada kami, jadi tidak banyak tembakan dari lawan, tetapi performa Ernando memang cukup baik karena bisa menepis satu atau dua kali,” imbuhnya.

Baca Juga:   Kejam! Coach Justin Sebut Ernando Ari Tak Layak Jadi Andalan Timnas Indonesia di Piala Asia

Dengan mental yang semakin percaya diri karena Timor Leste gagal mengeksekusi penalti, membuat Skuad Garuda berhasil memenangkan pertandingan.

Skor 4-1, gol Timnas Indonesia dicetak gol Egy Maulana Vikri di menit ke-15 dan membuka keran gol skuad Garuda di pertandingan itu.

Lalu disusul Witan Sulaeman yang mencetak gol di menit ke-52, tak lama berselang Fachruddin Aryanto turut cetak gol di menit ke-58, lalu ditutup oleh gol Witan menit ke-73.

Sebagai informasi, ini adalah pertama kalinya penjaga gawang berusia 20 tahun itu mentas di SEA Games 2021.

Baca Juga:   Jadi Cadangan di Piala AFF 2020, Ernando Ari Pahlawan Timnas di Sea Games 2021

Dia menggantikan peran Muhammad Adisatryo yang kebobolan tiga gol pada laga pembuka kontra Vietnam.

Meski meraih kemenangan, Timnas Indonesia masih berada di posisi keempat klasemen sementara Grup A Sea Games 2021.

Mengoleksi 3 point, Timnas Indonesia masih kalah dengan Myanmar yang 6 point, lalu Vietnam dan Filipina yang koleksi 4 point.

Berikut video penyelamatan penalti Ernando Ari.

View this post on Instagram

A post shared by PSSI (@pssi)

(Editor/Yusril Fahmi)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan