PSSI bersama jajaran Timnas Indonesia kini sedang sibuk memperbaiki skuadnya jelang Kualifikasi Piala Asia 2023 yang akan segera diselenggarakan.

Tidak puas dengan pemain yang ada, Shin Tae-yong akhirnya memilih untuk menaturalisasi beberapa pemain keturunan Indonesia.

Tercatat, sudah ada 3 pemain keturunan yang siap dinaturalisasi, 3 pemain tersebut bernama Jordi Amat, Sandy Walsh dan Shayne Pattynama.

Bermain apik di klubnya masing-masing dan memiliki rasa kecintaan terhadap Indonesia membuat ketiga pemain tersebut akan segera dinaturalisasi untuk memperkuat skuad di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Tersisa 1 slot untuk naturalisasi pemain, Timnas Indonesia sempat mengincar Emil Audero, namun kiper andalan Sampdoria tersebut tak kunjung memberi jawaban terhadap tawaran naturalisasi PSSI.

Baca Juga:   Bangga! Ini Ucapan Egy Maulana Vikri Melihat Pratama Arhan Direkrut Klub Jepang

Hasani Abdulgani selaku pengurus untuk bagian naturalisasi pemain, mengungkapkan mengapa Indonesia kesulitan menaturalisasi pemain hebat.

“Pemain (keturunan) yang kita ambil ada kriterianya. Paling tidak main di liga nomor 1 di negara tersebut.”

“Otomatis kualitas mereka sudah teruji dong, enggak mungkin pemain biasa bisa masuk liga utama di negara itu,” kata Hasani Abdulgani kepada Okezone, Jumat (11/3/2022).

“Awalnya kami incar pemain keturunan di klub besar, tapi ternyata sangat susah. Regulasi di sana (Belanda) pemain asing harganya lebih mahal. Itu yang jadi faktor beberapa pemain pertimbangin buat pindah warga negara,” lanjut Hasani.

Baca Juga:   Media Vietnam Prediksi Timnas Indonesia Bisa Permalukan Turkmenistan di FIFA Matchday September 2023

Rencananya Hasani Abdulgani akan berangkat ke Belanda pada 17 Maret 2022 untuk bertemu dengan keluarga sejumlah pemain keturunan.

“Sudah beberapa pemain yang oke membela timnas Indonesia dan nanti saya akan minta Pak Hasani Abdulgani untuk berangkat ke Belanda,” kata Mochamad Iriawan kepada awak media termasuk BolaSport di Bali.

“Dia di Belanda dari 17 Maret sampai 21 Maret dan tujuannya untuk berkomunikasi dengan keluarganya.”

Baca Juga:   Video Kai Boham Debut dan Cetak Gol Bersama Timnas Indonesia U-19 Lawan Tim Prancis

“Kami juga harus sopan ke orang tua mereka karena mereka kan juga ada keturunan Indonesianya,” ucap Mochamad Iriawan.

Patut kita nantikan siapa yang akan diusahakan oleh Hasani Abdulgani hingga ia dikirim ke Belanda untuk bertemu orang tuanya.

Netizen berspekulasi bahwasannya yang diurus oleh pak Hasani adalah Mees Hilgers dan Kevin Diks, masuk akal karena kedua pemain tersebut dikabarkan sangat ingin  membela Indonesia namun terkendala izin.

Mungkin Hasani Abdulgani akan menjelaskan kepada orang tua kedua pemain tersebut agar lebih jelas lagi kenapa Indonesia ingin menaturalisasi anaknya.

(Editor/Gamin Min)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan