Table of contents: [Hide] [Show]

SeputarBola.ID – Memahami sekilas dengan singkat oleh Persija Jakarta bisa kamu dapatkan pada halaman ini. Mulai dari profil, sejarah, pemain, prestasi dan lain sebagainya. Mari simak informasi bermanfaat ini.

Persija merupakan salah satu pencetus berdirinya Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) pada tanggal 19 April 1930. Berangkat dari cita-cita yang sama dengan ikatan dari daerah lain, Persija mengusung semangat persatuan yang sudah mendarah daging dalam lahirnya PSSI.

Persija Jakarta memiliki julukan Macan Kemayoran. Persija adalah tim sepak bola Indonesia dengan sejarah panjang, sekaligus menjadi klub tersukses pada kompetisi PSSI dengan koleksi 11 gelar juara.

Baca Juga:   Diantarkan Orang Tuanya, Netizen yang Lecehkan Istri Pelatih Persib Bandung Minta Maaf

Sejarah Persija Jakarta

Persija Jakarta berdiri oleh Soeri dan Alie pada tanggal 28 November 1928 dengan nama awal Voetballbond pada Indonesia Jacatra (VIJ). Jadi nama pertama sebelum ada istilah Persija adalah Voetballbound.

Pendirian VIJ saat itu juga menjadi wadah pertemuan klub-klub sepak bola nasionalis dengan lokasi Batavia saat itu.

Nama VIJ berubah menjadi Persija pada tahun 1950 dengan Jusuf Jahja sebagai presiden. Persija pada tahun 1950-an dipenuhi oleh pemain-pemain nasional seperti Tan Liong Houw, Chris Ong, Thio Him Tjiang, Van der Vin, dan Van der Berg.

Mulai pada masa persaingan sebelum kemerdekaan, Persija yang masih bernama VIJ berhasil meraih gelar pada tahun 1931, 1933, 1934, dan 1938. Memasuki masa Persatuan, Persija meraih gelar pada tahun 1954, 1964, 1973, 1975, dan 1979. Pada era profesional, Persija menang dua kali, pada 2001 dan 2018.

Baca Juga:   Ngaku Tidak Memiliki Wewenang, Menpora Pasrah Keberlanjutan Liga Indonesia Pada Kepolisian

Sementara di turnamen tersebut, tim yang identik dengan warna merah putih ini juga berhasil meraih beberapa gelar, yakni Runner-up Piala Indonesia 2005, juara III Piala Indonesia 2006, juara III Piala Indonesia 2007. . dan Runner-up Piala Indonesia 2019. Persija juga mencatatkan gelar Piala Presiden pada 2018.

Gelar Persija tak hanya di tingkat nasional, di kompetisi internasional tim kebanggaan ibu kota itu juga meraih sejumlah trofi. Diantaranya adalah pemenang Piala Quoch Khan 1973 di Vietnam, pemenang Piala Sultan Brunei Darussalam 2000, pemenang Piala Undangan Brunei 2000 dan 2001 dan Piala Super Malaysia Boost SportFix 2018.

Baca Juga:   Bek Tengah Ceko Rela Tinggalkan Eropa Demi Persija Jakarta, Begini Klaimnya ...

Selain sejarah yang menjadikan Persija sebagai klub dengan trofi terbanyak di Indonesia, dari sisi penonton, Persija juga kerap memecahkan rekor. Sebanyak 413.152 orang menyaksikan pertandingan Persija secara langsung di stadion tersebut. Jumlah ini merupakan yang tertinggi di Indonesia dan Asia Tenggara.

Dengan sejarah yang panjang, Persija terus menghasilkan dan pemain-pemain huni yang terbaik Indonesia. Mulai dari Tan Liong Houw, Sinyo Aliandoe, Soetjipto Soentoro, Iswadi Idris hingga generasi Bambang Pamungkas dan Ismed Sofyan.

Profil Persija Jakarta

Nama klub                  : Persija Jakarta

Julukan                        : Macan Kemayoran

Tahun berdiri : 1928

1 2

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *