Shin Tae-yong menjadi pelatih idaman para suporter Indonesia saat ini, merubah banyak sistem Timnas Indonesia, pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu terbukti sukses.

Meski belum mendapatkan trophy, namun suporter Indonesia percaya dan setuju dengan omongan Shin Tae-yong mengenai proses dalam sepak bola Indonesia.

“Sebenarnya saya ke Indonesia untuk mengubah sistem sepak bolanya. Daripada terlalu menitikberatkan pada prestasi. Saya berpikir akarnya harus kuat, agar ke atasnya juga kuat,” ujar Shin Tae Yong.

Yang pertama terlihat adalah Shin Tae-yong tak lagi mengandalkan para pemain yang sudah berumur, bahkan Spasojevic yang menjadi top skor sementara di Liga 1 musim ini tak diandalkan.

Shin Tae-yong lebih memilih Dedik Setiawan meskipun dalam klub dan Timnas sejauh ini belum bisa menampilkan permainan terbaik untuk striker andalan Timnas.

Namun ternyata Shin Tae-yong tidak terlalu fokus kepada pemain yang memang hebat namun secara attitude dirasa kurang, Rizky Ridho beberkan kriteria pemain yang disukai coach Shin.

“Disiplin, tanggung jawab dan kalau ada yang salah wajib jujur dan jangan berbohong. Itu yang paling disukai kalau kami jujur. Kalau kami bohong coach Shin Tae-yong tak suka sama sekali,” kata Rizky Ridho mengutip dari akun YouTube PSSI TV, Senin (14/2/2022).

“Alhamdulillah bisa terus dipercaya coach Shin dari Timnas U-19 sampai senior kemarin. Mungkin pelajaran yang saya ambil dari coach Shin itu adalah, pemain harus berkorban baik untuk negara maupun tim yang dibela,” tegas Rizky Ridho.

Bisa kita ketahui bahwa sebenarnya coach Shin Tae-yong lebih mengutamakan tanggung jawab dan kejujuran. Shin Tae-yong tak akan segan mencoret pemain yang berbohong.

Baca Juga:   Tak Bisa Berkutik! Malaysia Terkena Shock Terapy Karena Hal Ini

Rizky Ridho juga mengatakan dibawah asuhan Shin Tae-yong pemain harus berkorban untuk tim dan negara yang dibela.

Maka akan sangat wajar melihat Dedik dan Edo yang meskipun under perform namun mereka tetap patuh terhadap sistem Shin Tae-yong.

PSSI juga memberikan hak penuh kepada Shin Tae-yong untuk meracik para pemain dan formasi apa yang akan digunakan.

(Editor / Gamin Min)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan