Sempat beredar kabar Persipura Jayapura tak akan terdegradasi ke Liga 2, namun hal itu dibantah langsung oleh jajaran PSSI, Yunus Nusi.

Senin tepatnya pada tanggal 18 bulan April tahun 2022, beredar di salah satu media online jika Persipura Jayapura tak jadi degradasi ke Liga 2.

Penyebabnya adalah adanya dugaan sepak bola gajah di laga Persib Bandung melawan Barito Putera pada pekan ke-34 BRI Liga 1 2021/2022.

Duel tersebut berakhir dengan skor imbang 1-1. Hasil itu membuat posisi Barito Putera tetap aman di Liga 1, sementara Persipura harus turun kasta ke Liga 2.

“Ini berita bohong (hoax),” ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, disadur dari laman PSSI, Senin (18/4).

Media online yang menyebar berita bohong itu juga menyebutkan manajemen Persipura tak terima dengan hasil laga Barito Putera melawan Persib Bandung.

Tak hanya itu, diberitakan juga mereka melayangkan protes kepada Komdis PSSI untuk menilik ulang laga penentu tersebut.

Tuntutan dari Mutiara Hitam pun telah dijadikan daftar oleh Pengadilan Negeri (PN) Jakarta yang nantinya akan disidangkan.

Baca Juga:   Siap-siap! Akan Ada Pemain Baru Pengganti Kevin Diks dan Mees Hilgers Minggu Ini

Kembali ke kasus pemberitaan bohong tersebut, PSSI memberikan waktu 1×24 jam untuk media online yang dimaksud agar meralat berita hoax tersebut.

Tak main-main, jika berita itu masih ada maka PSSI tak segan untuk melaporkannya ke Dewan Pers karena menyebarkan berita bohong.

Keputusan tegas PSSI ini membuat netizen ramai berkomentar, mereka mendukung penuh PSSI dalam hal ini.

“Bagaimana editornya bisa meloloskan berita yang tidak jelas entah dari mana sumbernya,” tutur Yunus.

“Itu berita dibuat berdasarkan opini sendiri dan tidak mengindahkan prinsip-prinsip jurnalistik. Kami sangat menyesalkan berita ini,’’ tambahnya.

Baca Juga:   Posisi Elkan Baggott Tak Tergantikan, Indra Sjafri Rela Lobi Ipswich Town untuk Piala AFF

Persipura Jayapura harus menerima kenyataannya untuk bermain di Liga 2 musim depan setelah finish di peringkat ke-16 klasemen akhir BRI Liga 1 2021/2022.

Persipura Jayapura terdegradasi bersama Persela Lamongan dan Persiraja Banda Aceh, sedangkan Dewa United dan Persis Solo dan Rans Cilegon promosi ke Liga 1.

“Jadi tim Liga 1 yang degradasi ke Liga 2 dan tim Liga 2 yang promosi ke Liga 1 itu sudah final berdasarkan kompetisi resmi yang diadakan oleh PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB),’’ imbuh Yunus.

(Editor/Yusril Fahmi)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan