Permasalahan mengenai pernyataan Haruna Soemitro kini telah meredup, Shin Tae-yong yang memilih diam membuat kegaduhan ini tidak diperpanjang, namun tetap netizen Indonesia akan terus membela Shin Tae-yong karena netizen merasa Shin Tae-yong sudah memberikan dampak yang baik untuk sepak bola Indonesia kedepannya.

Alih-alih meminta segera dapat prestasi, netizen Indonesia lebih setuju kepada Shin Tae-yong yang ingin memperbaiki sistem sepak bola Indonesia, dengan begitu prestasi akan lebih mudah untuk di dapatkan.

Baca Juga:   Timnas Indonesia Batal Ikuti Piala AFF U-23, Ejekan Media Vietnam Ini Bikin Kesel Netizen Indonesia

“Sebenarnya saya ke Indonesia untuk mengubah sistem sepak bolanya. Daripada terlalu menitikberatkan pada prestasi. Saya berpikir akarnya harus kuat, agar ke atasnya juga kuat,” ujar Shin Tae Yong.

“Tidak bisa hanya membebankan prestasi di kancah senior kepada pelatih. Sebelum saya masuk, Indonesia adalah tim dengan rata-rata pemain tertua di Asia Tenggara. Tapi sekarang di tangan saya rata-ratanya 21,5 tahun. Tim seniornya rata-rata berumur 21,5 tahun. Saya benar-benar merekrut pemain-pemain muda,” ucap pelatih asal Korea Selatan itu.

Baca Juga:   Lakukan TC di Korea Selatan, Indra Sjafri Tak Jamin Indonesia Akan Ikuti Turnamen di Vietnam

“Karena saya bukanlah orang yang akan terus berada di sana. Bagaimanapun saya harus menempa pemain muda dan mengubah sistemnya. Saya berusaha membuat tim dengan pemikiran seperti itu,” ujar Shin Tae Yong.

Melihat banyaknya makian yang dilontarkan oleh netizen kepada Haruna Soemitro, ketua umum PSSI yaitu Mochamad Iriawan memberikan dukungan kepada EXCO PSSI tersebut dengan mengatakan bahwa ini zaman demokrasi, orang boleh berpendapat.

Baca Juga:   Blak-blakan ke Media Korsel, Asnawi Bertekad Bawa Timnas Indonesia ke Piala Asia

1 2

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *