Pensiun dari Timnas Thailand, Jonathan Khemdee pilih pulang kampung ke Denmark. Melalui Instagram Story akun pribadinya @jkhemdee17, dia mengunggah video tengah berada di Denmark untuk menemui keluarganya.

Sebagaimana diketahui, nama bek Timnas Thailand U-22 yakni Jonathan Khemdee menjadi sorotan para pencinta sepakbola Asia Tenggara usai melakukan aksi kontroversial di final sepakbola SEA Games 2023. Jonathan Khemdee terlihat membuang medali dan boneka SEA Games 2023 Kamboja.

Aksi tak terpuji itu dilakukan Jonathan Khemdee setelah Thailand dibungkam Timnas Indonesia U-22 dengan skor 2-5 di partai final. Duel sengit itu tersaji di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, pada Selasa 16 Mei 2023 lalu.

Dengan kekalahan itu, Thailand harus puas mendapatkan medali perak. Sementara Timnas Indonesia U-22 sukses meraih medali emas SEA Games ketiganya setelah terakhir kali menjadi juara SEA Games pada 1991 di Filipina.

Akan tetapi, pada saat sesi pengalungan medali, Jonathan Khemdee tidak melakukan pengalungan medali perak dan mengambil sendiri boneka suvenir SEA Games 2023. Bek berusia 21 tahun itu menunjukkan sikap yang kontroversial lantaran melempar medali dan boneka ke tribun penonton.

Alhasil, Jonathan Khemdee pun langsung mendapatkan sanksi tidak boleh bermain SEA Games seumur hidup dan dihujat netizen-netizen Asia Tenggara seperti Kamboja, Thailand, hingga Indonesia. Namun, Khemdee telah mengklarifikasi aksinya itu dengan menjelaskan kalau dia ingin berterima kasih kepada suporter yang sudah datang langsung ke stadion.

Baca Juga:   Indra Sjafri: Laga Perdana Selalu Menjadi Tantangan Berat

Menurut kabar yang beredar, medali perak SEA Games 2023 milik Jonathan Khemdee itu ternyata tak didapatkan suporter Thailand. Medali tersebut didapatkan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) asal Kamboja yang Bernama Chhay Sathya.

Usai menjadi bahan perbincangan di media sosial, Jonathan Khemdee baru-baru ini memilih untuk pulang kampung ke Denmark. Perlu diketahui, Jonathan Khemdee merupakan pemain berdarah Denmark-Thailand, namun dia memilih untuk memperkuat Timnas Thailand.

Baca Juga:   Marselino Ferdinan Terkendala Kelelahan dan Merasa Berat Latihan Timnas Indonesia U-22 di Kamboja untuk SEA Games 2023

Momen pulang kampungnya Jonathan Khemdee itu dia abadikan melalui Instagram Stories di akun Instagram pribadinya, @jkhemdee17. Dalam video tersebut, Khemdee menunjukkan tengah berada di salah satu kota di Denmark yakni Svendborg.

Seperti yang sudah disinggung di atas, Jonathan Khemdee merupakan pemain keturunan Denmark-Thailand. Dia lahir di Surin, Thailand, 9 Mei 2002. Meski lahir di Thailand, Jonathan Khemdee besar di Denmark dan mengenal sepakbola di klub lokal Denmark, Odense.

Sumber: Okezone

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan