Pelatih asal Vietnam, Nguyen Thanh Vinh memberikan pandangan soal prediksi Antara Timnas Indonesia U-19 versus timnas Vietnam U-19 yang akan bertemu pada Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 pada 14-18 September 2022 mendatang.

Menurutnya, Timnas Vietnam akan cukup kesulitan ketika menghadapi skuad Garuda Nusantara. Hal tersebut didasarkan pada hasil buruk ketika melakoni laga kontra Palestina, di laga uji coba, pada Sabtu, 3 September 2022.

“Sejauh ini mereka tampil kurang memuaskan, saya melihat dari sisi penyelesaian akhir dan tembakan yang kurang akurat dari para pemain,” terang Nguyen Thanh Vinh dilansir dari Soha VN, Minggu (4/9/2022).

Selain itu, ia menganggap ada masalah lain, yang perlu ditingkatkan Timnas Vietnam U-19, yaitu soal kontrol bola yang kurang baik. Belum lagi, Nguyen Thanh Vinh juga melihat Timnas Vietnam U-19 kekurangan pemain yang bisa berlari kencang.

Dengan demikian, Nguyen Thanh Vinh menilai, dua faktor itu membuat Timnas Vietnam U-19 banyak buang peluang lawan Palestina. Ia pun begitu khawatir jika kesalahan tersebut tak cepat diperbaiki.

“Mereka saat ini terlalu banyak menyalahgunakan bola dan sementara ini juga kekurangan pemain berkecepatan tinggi. Itu sebabnya Vietnam U-19 kehilangan banyak peluang untuk melakukan serangan balik dengan cepat,” ucapnya.

Lebih lanjut, Nguyen Thanh Vinh juga menyoroti sisi pertahanan Timnas Vietnam U-19. Baginya, akan sangat berbahaya jika lini bertahan asuhan Dinh The Nam masih seperti melawan Palestina di laga uji coba.

Dia menilai para pemain belakang Vietnam kurang serius menyikapi situasi di lapangan. Kemampuan mereka membaca permainan dinilai sangat rendah.

“Pertahanan Vietnam U-19 perlu mengubah beberapa posisi. Anak-anak bermain seolah-olah mereka bercanda satu sama lain. Terkadang lawan membuat peluang, tetapi tidak ada yang menutupi itu,” terangnya.

Nguyen Thanh Vinh juga menegaskan, sejumlah catatan yang ia berikan, diharapkan bisa diperbaiki secepat mungkin. Pasalnya, ia cukup ketar-ketir bila permainan Timnas VietnamU-19 masih seperti ketika datang ke Indonesia, untuk hadapi Kualifkikasi Piala Asia U-20 2023.

Pelatih tersebut sangat khawatir dengan keadaan Timnas Vietnam U-19 saat ini. Pasalnya mereka akan bersuara dengan Timnas U-19.

Menurutnya, Timnas Vietnam kalah segalanya dari Timnas Indonesia baik secara teknik maupun mental bertanding.

Nantinya, Timnas Vietnam akan berada satu grup dengan Timnas Indonesia U-19 di Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Demikian demikian pula dengan dukungan fanatik dari para suporter Garuda. Menurutnya hal tersebut akan semakin menambah tekanan pada Timnas Vietnam U-19.

“Bertemu Indonesia itu sulit bagi kami. Secara psikologis, itu perlu dipecahkan. Vietnam U-19 perlu memahami dan memiliki sikap positif. Jika tidak, ketika kami pergi ke Indonesia untuk bermain, kami akan menghadapi banyak kesulitan dengan reaksi dari fans tuan rumah,” terangnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan