Sebagai fans sepak bola Indonesia kita pasti takut Shin Te-yong tidak betah dan memilih mundur dari kepelatihan Timnas Indonesia setelah mendapatkan berita buruk mengenai dirinya yang dikatakan tersinggung oleh kritik EXCO PSSI yaitu Haruna Soemitro.

Haruna Soemitro mengatakan bahwa Timnas Indonesia harus secepatnya mendapatkan prestasi, sedangkan Shin Tae-yong lebih fokus ke mengubah sistem sepak bola Indonesia agar kedepannya menjadi lebih baik.

Kritik Haruna Soemitro kepada Shin Tae-yong memicu amarah dari para fans Timnas Indonesia, fans merasa apa yang dilakukan Shin Tae-yong sudah benar.

Meski begitu, Shin Tae-yong beberapa kali juga mengatakan bahwa fans tidak perlu takut ia akan keluar atau mundur dari Timnas Indonesia karena ia punya 2 alasan mulia.

Alasan pertamanya adalah ia ingin mengubah sistem sepak bola Indonesia, tentu ia sudah melakukannya namun hal ini masih proses oleh karena itu ia tidak akan menyerah mewujudkannya.

“Sebenarnya saya ke Indonesia untuk mengubah sistem sepakbolanya daripada terlalu menitikberatkan pada prestasi. Saya berpikir akarnya harus kuat sehingga ke atasnya akan kuat,” kata Shin Tae-yong saat diwawancarai kanal YouTube Myeongjangdeul.

“Saya benar-benar merekrut pemain muda. Karena saya tak selamanya berada di sana (Timnas Indonesia). Karena itu, saya harus menempa pemain muda dan mengubah sistemnya. Saya berusaha membuat tim seperti itu,” tegas Shin Tae-yong.

Alasan kedua Shin Tae-yong tak akan mundur dari Timnas Indonesia adalah dirinya harus menghidupi keluarganya, ia tak ingin mendapatkan denda atas pekerjaannya.

“Saya punya kontrak dengan PSSI sampai 31 Desember 2023. Mungkin para penggemar sudah tahu soal kontrak saya,” kata Shin Tae-yong saat hadir di konferensi pers jelang leg II final Piala AFF 2020 kontra Thailand.

“Namun, tak perlu khawatir karena tak ada yang bisa memecat saja. Jika pun saya mengundurkan diri, saya harus membayar denda,” lanjut Shin Tae-yong.

Bukti mengenai Shin Tae-yong yang perlu uang untuk menghidupi keluarganya bisa kita lihat di percakapannya dengan pemain bintang Tottenham Hotspur yaitu Son Heung Min.

“Ya, ada tawaran dari sana. Tawaran langsung dari Timnas Indonesia,” jawab Shin Tae-yong mengonfirmasi.

“Apakah Anda akan menerima tawaran itu? Anda harus kerja bukan?” tanya kembali Son. “Belum tahu. Tentu saja (harus bekerja) agar bisa memberikan uang jajan untuk Jae-hyuk (putra Shin Tae-yong),” jelas Shin Tae-yong.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan