Pernyataan Ketua Umum (Ketum) Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI) terkait kepindahan Indonesia dari Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF) ke Federasi Sepakbola Asia Timur (EAFF) membuat terkejut sejumlah media asing.

Salah satunya, Media Vietnam, Soha VN. Bahkan media tersebut sampai memberikan coretan khusus terkait pernyataan Ketum PSSI dalam satu laporan artikelnya.

Ya, seperti diketahui sebelumnya, Mochamad Iriawan selaku Ketum PSSI sempat menyinggung bahwa pihaknya sudah membuka komunikasi dengan EAFF, untuk meninggalkan AFF. Namun demikian, Mochamad Iriawan belum banyak bicara soal kepastian lebih lanjutnya.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut mengaku hanya mencoba demokratis dengan masyarakat Indonesia, yang meminta PSSI pindah dari AFF ke EAFF.

Sikap lamban AFF merespon aduan dari PSSI menjadi penyebab netizen Indonesia mendasar PSSI untuk berpindah federasi.

Sebelumnya, PSSI sudah menyampaikan surat protes kepada AFF, terkait dugaan praktik sepakbola gajah di Piala AFF U-19 2022. Adapun pertandingan yang diprotes antara Timnas Vietnam U-19 vs Timnas Thailand U-19 di laga pamungkas Grup A Piala AFF U-19 2022, pada 10 Juli silam.

Iwan bahkan menyebut Indonesia tidak akan pernah berkembang apabila tetap berada di bawah naungan AFF.

“Jika tetap di Asia Tenggara, Indonesia tidak akan bisa maju,” kata Mochamad Iriawan kepada awak media beberapa waktu silam.

“Kami akan melihat apakah itu (rencana transfer Federasi) cocok. Jika kami terus bermain di Asia Tenggara, kami tidak akan berkembang,” lanjut Iwan Bule.

Dua pernyataan tersebut jadi sorotan media Vietnam. Dalam laporannya Soha VN memuat headline soal dua pernyataan itu.

“Bos besar sepakbola Indonesia membuat pernyataan mengejutkan tentang keputusan untuk meninggalkan AFF,” tulis Soha VN yang dilansir Senin (25/7/2022).

PSSI sendiri didesak oleh masyarakat Indonesia lantaran minimnya respon dari AFF terkait keluhan yang dirasakan terkait tudingan main mata antara timnas Vietnam dan Thailand.

Baca Juga:   Erick Thohir Prediksi Laga FIFA Matchday Timnas Indonesia vs Argentina Lebih 'Booming' dari Konser Coldplay

Bahkan, kualitas Timnas Indonesia disebut-sebut bisa ikut terkatrol jika masuk ke EAFF. Pasalnya, di EAFF sendiri terdapat sejumlah tim kuat di Asia, seperti China, Jepang, hingga Korea Selatan

Namun demikian, sampai saat ini memang belum ada kepastian apakah PSSI direstui hengkang dari AFF atau tidak. Tapi, sejumlah pihak pun menyayangkan jika PSSI keluar dari AFF. Satu alasan kuat adalah basis sepakbola Indonesia sudah sangat besar di Asia Tenggara.

(Editor/Fathur Rozi)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan