Media Vietnam, Soha VN menuding Ketua Umum (Ketum) Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI), Mochamad Iriawan Aceh terhadap absennya Timnas Indonesia U-19 pada turnamen di Vietnam.Seperti diketahui, sejumlah negara pun diundang oleh Federasi Sepakbola Vietnam (VFF) dalam waktu dekat ini untuk mengikuti turnamen mini di daerah Binh Doung, Vietnam pada 5-11 Agustus 2022.

Adapun negara yang diundang itu adalah Arab Saudi, Jepang, dan Myanmar. Sepertinya, turnamen tersebut disinyalir sebagai persiapan Timnas Vietnam U-19, yang bakal mengikuti Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, yang berlangsung 14-18 September 2022.

Akan tetapi, Arab Saudi dan Jepang dikabarkan tidak bisa ikut berpartisipasi dalam turnamen itu. Karenanya, VFF memberikan jatah tersebut kepada Thailand dan Malaysia.

Dikabarkan kedua federasi sepak bola tersebut dipastikan akan menurunkan Timnas level U-19. Dengan demikian, peserta turnamen ini adalah Vietnam, Malaysia, Thailand dan Myanmar.

Ketidak ikut sertaan Indonesia dalam turnamen tersebut menimbulkan beragam spekulasi. Diantaranya, terkait laporan PSSI kepada Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF).

Yakni laporan terkait indikasi pengaturan skor antara Vietnam dan Thailand di Piala AFF U-19 2022, pada 10 Juli lalu. Akan tetapi,  tidak ikut sertanya Indonesia ternyata tidak berkaitan sama sekali laporan tersebut.

Baca Juga:   Jawab Spekulasi Soal Ramai Rumakiek, Ketum PSSI: Dia Mangkir Dari TC Timnas U-23 Karena...

Justru PSSI emang tidak berminat untuk tampil di turnamen mini tersebut sebagaimana disampaikan oleh Ketum PSSI, Mochamad Iriawan.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu mengatakan, Timnas Indonesia U-19 sudah punya agenda sendiri guna mempersiapkan diri di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Pernyataan Iwan Bule itu disoroti oleh media Vietnam, Soha VN.

“Apa kata Presiden Federasi Sepakbola Indonesia saat tidak diundang Vietnam ke turnamen Empat Pahlawan?” tulis Soha VN dalam headline laporan artikelnya.

Sebelumnya, Mochamad Iriawan sudah menyebut Indonesia tidak diundang. Tim besutan Shin Tae-yong itu lebih mementingkan persiapan dengan cara lain.

Baca Juga:   Rencana Timnas Indonesia Lawan Portugal Bikin Gempar Media Malaysia dan Vietnam

“Tim Indonesia U19 tidak diundang oleh Vietnam. Saya belum melihat undangan,” kaat Iwan Bule.

Iwan menegaskan, tidak mempermasalahkan Indonesia tidak diundang dalam turnamen tersebut.

“Tidak apa-apa untuk tidak diundang. Kami masih memiliki banyak undangan lain,” timpalnya.

Iwan dan kolega memang dengan mempertimbangkan untuk memberikan pemusatan latihan pada pasukan Shin Tae-yong. Sebagaimana permintaan pelatih asal Korea Selatan tersebut, TC direncanakan untuk digelar di negara Eropa yang iklim persepakbolaannya sudah mapan.

(Editor/Fathur Rozi)

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan