Timnas Indonesia alami kemajuan sejak datangnya Shin Tae-yong, meski terlihatnya baru akhir-akhir ini namun pada nyatanya coach Shin mengetahui betul kekurangan para pemain Timnas.

Kini ia sedang melatih Timnas Indonesia U-19 yang akan mengikuti Piala Dunia U-20, menjalani beberapa uji coba di Korea Selatan membuat coach Shin sadar mental para pemain lemah.

Ketika bertemu dengan tim yang lebih kuat, mereka sudah takut dahulu sebelum bertanding dan akhirnya mental mereka melemah dan membuat permainan menjadi buruk.

“Saya ingin pemain melakukan permainan sesuai yang diinginkan pelatih. Kebiasaan pemain saat ini kalau bertemu dengan tim-tim yang lebih kuat dari kita, sudah takut di awal,”

Dengan mental yang lemah, maka otomatis kepercayaan diri para pemain menurun, hal ini disadari betul oleh Shin Tae-yong dan coba dibenahi olehnya.

“dan tidak bisa bermain dengan kepercayaan diri yang tinggi,” kata Shin dalam keterangan resmi di situs web PSSI, Selasa (12/4).

Shin Tae-yong berharap di laga melawan Yeungnam University U-19 para pemain mampu percaya diri dan bisa menjalankan permainan sesuai dengan instruksi sang juru taktik tersebut.

“Jadi semoga saja di pertandingan nanti kepercayaan diri mereka meningkat dan bisa melakukan permainan yang kita mau,” tuturnya.

Sebelum melawan Yeungnam University, Shin Tae-yong menjelaskan beberapa latihan yang ia berikan kepada para pemain Timnas Indonesia U-19.

“Untuk latihan pagi dasar-dasar saja, namun di latihan sore fokusnya latihan taktik dan gerakan-gerakan bagaimana bisa keluar dari pressing lawan,” katanya.

Shin Tae-yong juga menjelaskan beberapa pemain cedera karena pemusatan latihan yang panjang selama di Korea Selatan.

“Memang ada beberapa pemain cedera, tetapi suasana tim baik, jadi memang ini adalah pemusatan latihan panjang.”

Timnas Indonesia U-19 terlihat sudah alami peningkatan mulai dari skill dan lain sebagainya, terlihat beberapa kali Marselino dan kawan-kawan memenangkan pertandingan.

Kemenangan tersebut pun menaikkan kepercayaan diri dari para pemain, selain itu kedatangan Marselino Ferdinan memang memberikan dampak besar kepada permainan tim.

(Editor/Gamin Min)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan