Timnas Futsal Indonesia alami peningkatan ranking yang cukup signifikan usai menjadi runner up di Piala AFF Futsal 2022.

Evan Soumilena dan kawan-kawan dalam kompetisi Piala AFF Futsal 2022 memang tampil dengan sangat maksimal, banyak point yang didapatkan oleh skuad Garuda.

Meski harus kalah di laga final melawan Thailand melalui adu penalti, namun Timnas Futsal Indonesia alami kenaikan peringkat di Asia maupun dunia.

Mengutip dari Futsal World Ranking di pertengahan Maret silam, Timnas Indonesia masih berada di urutan ke-48 dan kini naik tiga peringkat menjadi 42 usai Piala AFF.

Wajar, mengingat Timnas Futsal Indonesia saat itu hanya alami kekalahan melawan Thailand di laga final, sisanya dimenangkan skuad Garuda atau setidaknya imbang.

Baca Juga:   Dibantai Habis-habisan, Pelatih Myanmar Puji Strategi Timnas Futsal Indonesia

Jika dipersempit kembali menjadi ranking Asia, Timnas Indonesia berada di urutan ke tujuh hanya terpaut beberapa point dari Vietnam dan Australia.

Dengan 1061 point saat ini, Timnas Indonesia pepet Vietnam yang mempunyai 1096 point dan Australia yang mempunya 1119 point.

Namun Timnas Indonesia masih jauh dari wakil Asia seperti Iran mengoleksi 1581 point, Jepang dengan 1353 point dan Thailand 1280 point.

Diperkecil lagi cakupannya, untuk di Asia Tenggara Timnas Indonesia masih menempati posisi keempat di bawah Thailand, Australia, serta Vietnam.

Baca Juga:   Dicampakkan Karena Tak Punya Prestasi, Ketum FFI Akan Gunakan Dana Pribadi untuk Sea Games

Kesuksesan lolos ke babak final Piala AFF Futsal 2022 juga memastikan Indonesia akan berlaga di Piala Asia Futsal 2022 yang akan berlangsung di Kuwait, September mendatang.

Perkembangan Timnas Futsal Indonesia terbilang cukup positif terutama di musim ini, skuad yang apik membuat mereka mampu menerapkan taktik dengan baik.

Meski baru bergabung, Mohammad Hashemzadeh terbukti berhasil membawa Timnas Indonesia bermain dengan sangat baik bahkan mengimbangi Thailand.

Meski begitu, sang pelatih masih mempunyai banyak pekerjaan rumah yang harus segera dikerjakan untuk memperbaiki permainan Skuad Garuda.

Di laga final, Timnas Indonesia berkesempatan besar untuk menjadi juara, namun sayangnya dalam satu menit terakhir Thailand mampu cetak dua gol.

Baca Juga:   Diserang Netizen, Kemenpora Hingga Kini Belum Ucapkan Selamat untuk Timnas Futsal Indonesia

Hal itu sempat membuat Mohammad Hashemzadeh marah.

“Saya sedikit marah untuk pemain saya karena mereka bermain sangat baik, tetapi satu menit terakhir dua kesalahan.”

“Ini waktu yang tidak menyenangkan untuk kebobolan,” ujar Hashemzadeh saat jumpa pers usai laga yang diunggah akun Twitter AFFPresse.

“Namun saya sangat senang dengan pertandingan ini, pemain saya berkembang pesat, mereka bertarung dan intensitasnya bagus.”

“Saya berharap di masa depan kami bisa meraih hasil lebih baik,” ia melanjutkan.

(Editor/Gamin Min)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan