Selidiki Kericuhan di Final Seapkbola SEA Games 2023, AFC Bakal Sanksi Berat Indonesia dan Thailand?

Terjadi keributan di laga Timnas Indonesia U-22 vs Timnas Thailand U-22. (Foto: REUTERS)

AFC selidiki adu jotos di laga Timnas Indonesia U-22 vs Timnas Thailand U-22 pada final sepakbola SEA Games 2023. Lantas, apakah Indonesia dan Thailand bakal mendapat sanksi berat dari AFC?

Sebagaimana diketahui, laga antara Timnas Indonesia U-22 vs Timnas Thailand U-22 di final sepakbola SEA Games 2023 sempat berlangsung ricuh. Dalam pertandingan yang digelar di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, pada Selasa (16/5/2023) lalu itu, kedua kubu bahkan terlibat adu jotos di pinggir lapangan.

Kericuhan tersebut bermula ketika Irfan Jauhari mencetak gol di awal babak tambahan waktu. Pada saat itu, staf pelatih Timnas Indonesia U-22 merayakan gol di dekat bench Timnas Thailand U-22.

Hal tersebut sejatinya merupakan balasan atas perlakuan Timnas Thailand U-22 yang sebelumnya lebih dulu melakukan selebrasi di dekat bench Timnas Indonesia U-22 usai menyamakan kedudukan di penghujung babak kedua. Namun, kali ini kericuhan tersebut berujung lebih parah karena adanya pemukulan.

Dalam kejadian itu, terlihat ada pukulan yang dilancarkan salah satu staf pelatih Timnas Thailand U-22 kepada manajer Timnas Indonesia U-22, Sumardji. Beberapa pihak dari kedua kubu pun juga terlihat beradu pukulan.

Baca Juga:   Hanya Karena Bantai Timor Leste 4-0, Kamboja Langsung Tabuh Genderang Perang ke Timnas Indonesia U-22

Bahkan, bek Timnas Indonesia U-22 yakni Komang Teguh juga terlibat adu jotos dengan kiper Timnas Thailand U-22, Soponwit Rakyart. Akibatnya, pertandingan pun sempat dihentikan dan kericuhan harus dilerai oleh pihak keamanan.

Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) pun kini mengambil sikap terkait kericuhan yang terjadi di laga Timnas Indonesia U-22 vs Timnas Thailand U-22. AFC bahkan tengah melakukan penyelidikan atas kericuhan itu dan tidak akan memberikan toleransi bagi kedua tim.

“AFC kecewa dengan insiden yang tidak tertib pada laga final sepakbola SEA Games 2023. AFC menggarisbawahi pentingnya permainan adil, sportif, dan saling menghormati. AFC mengambil pendekatan tanpa toleransi atas semua tindakan kekerasan semacam itu,” tutur seorang juru bicara AFC dalam pernyataan kepada Reuters, dikutip pada Kamis (18/5/2023).

Melihat dari pernyataan tersebut, Indonesia dan Thailand pun diyakini bakal menerima sanksi berat dari AFC. Menarik dinantikan hukuman apa yang akan diberikan AFC kepada Indonesia dan Thailand.

Sumber: okezone.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan