Sebut Timnas U-16 Siap Main Menekan dan ‘Counter Attack’, Bima: Kami Mau Persulit Lawan

Source: Bola.com/M. Iqbal Ichsan
Source: Bola.com/M. Iqbal Ichsan

Tim Nasional U-16 Indonesia dinyatakan telah siap untuk bermain menekan dan melakukan serangan balik (counter attack) pada Piala AFF U-16 2022, di Yogyakarta.

Baju Timnas Original

Pernyataan tersebut disampaikan pelatih mereka, Bima Sakti dalam kanal Youtube PSSI TV di Jakarta, Senin.

Bima mengatakan skuadnya terus mengasah kemampuan tersebut dalam sesi latihan.

“Kami membenahi pressing (tekanan) kepada lawan mulai dari depan, press build up. Kami mau mempersulit lawan agar tak bisa build up (membangun serangan-red),” ujar juru taktik berusia 46 tahun itu.

Baca Juga:   Naturalisasi Berbelit, Pak Jokowi Turun Tangan Buat Peraturan Baru

Bima mengatakan, strategi tersebut diharapkan mampu diterapkan dengan baik oleh anak-anak asuhnya. Tujuannya, dapat segera melakukan serangan balik (counter attack) ke pertahanan musuh.

Namun demikian, nonton pemain Persebaya itu mengingatkan bahwa sistem tersebut tidak bisa berjalan optimal andai skuadnya tak mampu membangun benteng yang kokoh.

“Ini adalah soal defense (bertahan) dan transisi setelah defense atau transisi positif. Kami mencari cara bagaimana bisa langsung membangun counter attack, menyerang setelah merebut bola,” tutur Bima.

Baca Juga:   Lolos Piala Asia 2023, Witan Posting Foto Dirinya bersama Shin Tae-yong dengan Caption Mengharukan

Pria yang memperkuat timnas Indonesia pada periode 1990-an itu pun berjanji terus mengasah kemampuan para pemainnya, baik dari segi mental, fisik, teknik maupun taktik agar bisa bersaing menjadi tim terbaik di Piala AFF U-16 2022.