AFF  

Satu Grup di Piala AFF 2022, Indonesia Siap Balas kekalahan Edisi Sebelumnya dari Thailand

indonesia vs thailand
Image: detikcom

Timnas Indonesia menempati grup A pada drawing Piala AFF 2022 yang dilakukan pada Kamis (30/8) di Bangkok, Thailand.

Squad Garuda nantinya akan berhadapan dengan Thailand, Filipina, Kamboja, dan pemenang kualifikasi Piala AFF 2022 antara Brunei Darussalam dan Timor Leste.

Sekedar informasi, untuk peralatan piala AFF tahun ini, federasi sepak bola Asia Tenggara tersebut menggandeng Mitsubishi Electric sebagai sponsor setelah sebelumnya berkolaborasi dengan Suzuki.

Karenanya, Piala AFF 2022 mengusung nama resmi AFF Mitsubishi Electric 2022.

Menanggapi hasil drawing tersebut, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan bahwa Timnas Indonesia sudah siap tempur.

“Kekuatan semua negara-negara di Asia Tenggara saat ini hampir mengalami perkembangan. Kita satu grup dengan juara bertahan Thailand, tentu harus membalas kekalahan saat final AFF 2020 lalu dan jangan meremehkan kekuatan negara-negara lain yang di grup A,” kata Iriawan.

Baca Juga:   PSSI Pastikan Balas Perlakuan Vietnam dan Thailand, Iwan Bule: Kita Harus Meningkatkan Kualitas!

Menghadapi ajang bergengsi antarnegara Asia Tenggara tersebut, Mochamad Iriawan berharap pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong udah mulai menyusun kerangka tim mencari kolaborasi pemain yang berkompetisi bersama klub lokal maupun dengan klub Eropa.

“Saya berharap pelatih Shin Tae-yong sudah mulai memantau pemain-pemain terbaik yang ada dikompetisi Liga 1 dan kompetisi yang ada di luar negeri. Ajang Piala AFF 2022 bisa dijadikan persiapan untuk menghadapi Piala Asia 2023 mendatang,” tambahnya.

Sementara itu, pelatih Shin Tae-yong mengatakan bahwa hasil drawing cukup baik untuk Timnas Indonesia. Ia juga tak masalah sistem saat ini menjadi dua home dan dua away di babak penyisihan serta semifinal dan final home away.

Baca Juga:   Nasib Berbeda Klub Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman, Bak Bumi dan Langit

“Awalnya saya bingung kenapa Indonesia berada di POT ketiga pada drawing ini, namun setelah dijelaskan bahwa penilaiannya dari dua event AFF sebelumnya jadi baru paham. Saya akan mempersiapkan Timnas Indonesia dengan baik serta maksimal agar meraih juara Piala AFF 2022,” kata Shin Tae-yong.

Lebih lanjut, pelatih asal Korea Selatan tersebut menegaskan bahwa Thailand merupakan salah satu tim terkuat yang menjadi lawan Indonesia.

Ditambah lagi dengan status mereka sebagai juara bertahan dalam ajang tersebut.

Baca Juga:   Kesulitan Lawan Bangladesh, Pengamat Sepak Bola Kritik Keputusan Shin Tae-yong Tak Andalkan Spasojevic

Demikian pula, Shin Tae-yong berharap para pemain yang sedang dalam proses naturalisasi bisa segera bergabung dengan tim.

“Thailand tentu menjadi lawan paling kuat di grup. Meski begitu kami juga tetap waspadai semua lawan kita. Untuk pemilihan pemain saya akan memilih pemain terbaik kondisinya dan tentu ada pemain naturalisasi. Apalagi saat ini Sandy Wals, Jordy Amat, dan Shayne Pattiname masih dalam proses naturalisasi. Kami berharap ketiganya dapat segera bergabung bersama Timnas Indonesia,” tukas pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Piala AFF 2022 direncanakan akan dimulai pada 20 Desember 2022 hingga 23 Januari 2023. Pada edisi Piala 2020 sebelumnya, Indonesia meraih runner-up.