Timnas Indonesia U-23 benar-benar tak berdaya saat melawan Vietnam dalam laga perdananya di Sea Games 2021, skuad Garuda dipermalukan 3-0 oleh sang tuan rumah yang dihadiri suporter.

Sejak awal laga skuad Garuda memang sulit untuk menyerang, ditekan terus oleh Vietnam Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan kesulitan mencetak gol.

Rio Fahmi dan Firza Andika benar-benar dibawah ekspektasi, kesulitan dalam bertahan mereka juga tak bisa membantu penyerangan dan membuat Vietnam semakin leluasa bermain.

Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia memberi pembenaran bahwasannya gol pertama Vietnam harusnya offside.

“Gol pertama itu offside, tetapi, wasit tidak memutuskan demikian.”

“Satu gol itu membuat suasana tim kami berubah dan itu sangat disayangkan,” ujar Shin seusai pertandingan dikutip dari keterangan PSSI yang diterima di Jakarta.

Gol pertama Vietnam dibuat oleh Nguyen Tien Linh pada menit ke-54, memanfaatkan umpan silang Nham Manh Dung yang menyisir bibir gawang Garuda Muda.

Menurut coach Shin Tae-yong sebuah hal wajar jika Vietnam mendapatkan keuntungan karena statusnya di Sea Games sebagai tuan rumah.

Shin Tae-yong sendiri sebelum kompetisi dimulai memang sudah feeling bahwa skuadnya akan dirugikan saat melawan Timnas Vietnam di laga perdana.

Baca Juga:   Disurati FIFA, Status Sandy Walsh sudah jelas, Sandy: Saya akan Fokus!

Meski begitu, pelatih berusia 51 tahun tersebut tetap memberi selamat kepada skuad Vietnam yang diasuh oleh Park Hang-seo yang sama-sama dari Korea Selatan.

Pria berusia 51 tahun itu yakin anak-anak asuhnya dapat bangkit pada laga berikutnya menghadapi Timor Leste, pada Selasa (10/5).

“Kami akan mengevaluasi penampilan hari ini. Kompetisi ini baru dimulai,” tutur Shin.

Tim nasional U-23 Indonesia kalah dengan skor 0-3 dari Vietnam pada laga perdana mereka di Grup A sepak bola putra SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Jumat.

Baca Juga:   Auto Juara! Sebelum Piala AFF U-23 Bergulir Indonesia Mendapat Kabar Baik Ini

Gol-gol Vietnam dilesakkan dua pemain senior (berusia di atas 23 tahun) mereka yaitu Nguyen Tien Linh dan Do Hung Dung, lalu ditambah sumbangan dari Le Van Do.

Dengan skor tersebut, Timnas Indonesia kini berada di peringkat keempat sementara di Grup A, sedangkan juru kunci masih Timor Leste yang kalah atas Filipina 0-4.

Shin Tae-yong menjadi sorotan atas kekalahan Timnas Indonesia kali ini, banyak warganet yang mempertanyakan kenapa permainannya jauh berubah tak seperti ketika di Piala AFF 2020.

(Editor/Yusril Fahmi)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan