Shin Tae-yong sempat diserang oleh netizen lantaran kembali alami kekalahan melawan Thailand dengan skor tipis 1-0 di Sea Games 2021.

Bermunculan tagar #STYOut lantaran tidak memberikan trophy kepada Indonesia selama dua tahun ia sudah menjadi pelatih skaud Garuda mulai dari kelompok umur hingga senior.

Shin Tae-yong sendiri tidak goyah dengan hal itu, ia malah memberi saran kepada para netizen untuk menyuarakan kepada PSSI agar segera membangun training center.

“Saya tidak goyah dengan kata-kata netizen. Saya ke sini untuk mengembangkan sepakbola Indonesia.”

“Netizen lebih baik bicara tentang training centre,” ungkap sosok asal Korea Selatan itu, ketika ditemui di Hanoi, Vietnam.

“Jadi mungkin netizen bisa bicara kepada PSSI soal training centre. Kita harus berbicara sama-sama untuk membuat training centre.”

“Dengan adanya training centre, bisa mengembangkan sistem sepakbola usia dini. Baru dir situ, Indonesia akan berkembang dan masa depan sepakbola Indonesia bisa lebih cerah,” tegas dia.

Netizen yang merasa bahwa saran dari Shin Tae-yong itu benar, ketika Mochamad Iriawan menunggah konten di Instagramnya, ia diserbu oleh netizen untuk segera membangun training center.

Baca Juga:   Soal Kebijakan Iwan Bule Gelar KLB PSSI, Pengamat Sebut-sebut Keledai, Apa Maksudnya?

Tentu dengan adanya training center maka pemain-pemain berbakat di Indonesia akan lebih terarah dan masa depan sepak bola di Indonesia akan semakin cerah kedepannya.

Usaha netizen untuk berkomentar kepada akun Mochamad Iriawan tidak sia-sia, salah satu komentar dari warganet diberi balasan oleh Ketua Umum PSSI tersebut.

“Ditunggu,” tulis Iwan Bule saat membalas netizen dikutip dari vocketfc.com.

PSSI memang belum memiliki training center untuk Timnas Indonesia.”

Baca Juga:   Disudutkan Tak Mau Hentikan Liga, Ini Jawaban Tegas Ketua Umum PSSI

“Oleh karena itu, Shin Tae-yong kerap membawa Garuda Muda ke luar negeri untuk pemusatan latihan ketika persiapan menghadapi sebuah pertandingan atau kejuaraan.

Thailand dan Vietnam sendiri dikabarkan sudah mempunyai training center maka wajar apabila sepak bola disana sudah lebih maju dibandingkan dengan di Indonesia.

Saran dari Shin Tae-yong tentu bukan sembarangan, ia adalah pelatih yang pernah mengantarkan Timnas Korea Selatan meraih kemenangan di Piala Dunia melawan Jerman dengan skor 2-0.

(Editor/Yusril Fahmi)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan