AFF, News  

Memancing Di Air Keruh, Media Malaysia Dukung India Gantikan Indonesia di AFF

Source: PSSI
Source: PSSI

Media Malaysia, Makan Bola, ikut menanggapi perihal wacana Timnas Indonesia pindah federasi dari Federasi Sepakbola Asia Tengara (AFF) ke federasi sepak bola Asia Timur (EAFF).

Baju Timnas Original

Ibarat pepatah, memancing di air keruh, Surat kabar tersebut ketahuan mendukung Timnas India untuk menggantikan posisi Timnas Indonesia di AFF karena menurut surat kabar tersebut India secara peringkat FIFA India jauh di atas Timnas Indonesia.

Sementara itu, Sekjen IAFF Kushal Das mengatakan, tujuan mereka pindah federasi adalah untuk mendapatkan kualitas lawan yang lebih setara dengan mereka seperti Thailand, Vietnam dan Malaysia.

Baca Juga:   Timnas Indonesia Daftarkan Marc Klok dalam Sea Games 2022, Keputusan yang Tepat?

Sedangkan di Federasi Sepakbola Asia Selatan (SAFF), level lawan-lawannya seperti Maladewa, Sri Lanka hingga Bangladesh masih di bawah mereka.

“Tujuan kami (pindah ke AFF) adalah agar Timnas kami mendapatkan tekanan yang terbaik dalam kompetisi. Respons AFF sangat positif, akan tetapi kami terjebak pada situasi pandemi Covid-19,” kata Sekjen IAFF Kushal Das.

Dia menegaskan timnya akan berkompetisi dengan serius apabila mereka benar-benar diterima untuk bergabung dengan AFF.

Baca Juga:   Putus Kontrak dengan Klub Eropa, Brylian Aldama Mengaku Ingin Bela Klub Liga 1 Ini

“Ketika AFF menerima permintaan kami, maka kami akan turut dalam kompetisi mereka dengan sungguh-sungguh,” sambung Kushal Das.

Situasi tersebut coba dimanfaatkan Makan Bola untuk menyudutkan PSSI pada pilihan yang rumit. Mereka menilai India yang kini menempati peringkat 104 dunia bisa menggantikan posisi Timnas Indonesia di AFF.

India bisa menjadi daya tarik jika ini benar-benar terjadi. Berita mengenai perpindahan India ke AFF menimbullkan berbagai spekulasi. India dianggap mampu menggantikan kedudukan Indonesia yang mau gabung EAFF,” tulis Makan Bola.

Baca Juga:   Kemenpora Beri Jalan Tengah Pada PSSI Untuk 3 Pemain Keturunan, Naturalisasi Semakin Dekat!

Sementara itu, PSSI masih melakukan kajian mendalam terkait kemungkinan untuk pindah federasi.  Saat ini, PSSI tengah mengkaji kemungkinan tersebut dengan anggota Exco PSSI untuk menentukan langkah selanjutnya.

“Jadi setelah ini kita akan diskusikan dengan anggota Exco PSSI untuk membahas untung ruginya kita keluar atau tidak dari AFF. Setelah itu baru kita putuskan,” kata Sekjen PSSI Yunus Nusi.