Pelatih Indonesia Shin Tae-yong mengatakan sepak bola tumbuh dan menjadi lebih kuat hari ini. Hal itu disampaikannya usai membawa tim Garuda ke Piala Asia 2023.

Menurut Shin, sepak bola membutuhkan proses yang panjang untuk semuanya, tidak instan. Timnas Indonesia beberapa kali menelan kekalahan seperti hanya meraih medali perunggu tim U-23 di Piala AFF 2020.

Baca Juga:   Sebut Shin Tae-yong Sia-sia Intip Timnya, Pelatih Thailand Yakin Menang Tanpa Kebobolan Lawan Indonesia

Namun, tim nasional mengalami kemajuan secara perlahan. Selain itu, tim merah putih kebanyakan diisi oleh para pemain muda yang memang masih butuh jam terbang.

“Pasti para fans, wartawan juga, bisa merasakan sepak bola Indonesia semakin kuat. Dan memang sepak bola itu tidak bisa langsung kuat dengan instan, jadi perlu waktu untuk meningkatkan tim kami,” kata Shin Tae-yong.

Baca Juga:   Resmi! PSSI Ajukan Diri jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023 Usai Diizinkan Jokowi

Menurut Shin Tae-yong, tim nasional Indonesia bisa bermain melawan tim mana pun. Kerja keras itu penting, dan kepercayaan diri yang harus dimiliki para pemain.

Pelatih berusia 52 tahun itu mengimbau para pemain untuk tetap konsisten. Marc Klok dan kawan-kawan harus Berkomitmen untuk meningkatkan kualitas individunya saat bermain diluar tim nasional.

Baca Juga:   Permainan Timnas Indonesia Belum Memuaskan, Shin Tae-yong Pulangkan Beberapa Pemain

“Sebenarnya kita lawan siapa pun kini tidak akan kalah dengan gampang, pastinya tim ini semakin kuat. Ke depannya kita harus jadi lebih baik. Saya sangat percaya dengan hal itu,” ujar Shin Tae-yong.

1 2

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *