Dua pemain keturunan Indonesia, Jordi Amat dan Sandy Walsh telah rampungkan seluruh proses naturalisasi, kini kedua pemain tersebut akan segera kembali ke asalnya masing-masing.

Jordi Amat akan pulang ke Spanyol pada hari Kamis (19/5/2022) sedangkan untuk Sandy Walsh tinggal beberapa hari lagi di Indonesia dan akan kembali ke timnya, KV Mechelen.

Jordi Amat sendiri sudah tiba di Indonesia pada tanggal (14/5/2022), kedatangannya disambut hangat oleh jajaran PSSI, sedangkan Sanydy Walsh sehari setelahnya.

Ketika berada di Indonesia, Jordi mendatangi Kedutaan Besar Spanyol, Senin (16/5). Sementara Sandy mengunjungi Kedutaan Besar Belanda, Rabu (18/5).

Hasil dari kunjungan tersebut keduanya mendapat dokumen tidak keberatan terkait rencana mendapatkan kewarganegaraan Indonesia, dokumen itu sangat diperlukan untuk urus naturalisasi.

Usai mendapatkan dokumen tersebut, Sandy Walsh dan Jordi Amat menyerahkannya ke PSSI dan organisasi tersebut menyalurkannya ke Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Proses tersebut terjadi pada hari Kamis tanggal 19/5/2022, dan kini dokumen-dokumen sudah berada di lembaga kementrian tersebut.

Tidak hanya itu, Badan Intelijen Negara (BIN) juga lakukan wawancara tertutup dengan dua pemain keturunan tersebut pada hari Senin (16/5) dan berjalan dengan lancar.

Baca Juga:   Dokumen Sandy Walsh, Jordi Amat dan Shayne Pattynama Sudah Lengkap, PSSI Akan Rapat dengan DPR Bahas Percepatan Naturalisasi

Tak sampai disitu, Sandy Walsh dan Jordi Amat juga diwajibkan untuk jalani tes medis disertai tes bebas narkoba, Selasa (17/5).

“Semua rangkaian kegiatan yang dilakukan berkaitan dengan proses naturalisasi Jordi dan Sandy alhamdulillah berjalan lancar,” ujar Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, disadur dari laman PSSI, Kamis (19/5).

“Kami sudah mendapatkan dokumen-dokumen resmi yang dibutuhkan. Laporannya baik. Semoga bisa diproses lebih lanjut,” katanya menambahkan.

Jordi pun mengaku senang karena dapat berkunjung ke Indonesia. Ia berharap dalam waktu dekat bisa datang lagi.

“Tidak ada kendala yang berarti selama kami berada di sini. Semua orang membantu kami dan sangat ramah setiap harinya,” tutur Jordi.

“Saya harap saya bisa segera kembali lagi ke Indonesia dengan kabar baik,” imbuh pemain yang bermain di klub K.A.S Eupen ini.

Kedua pemain tersebut nampaknya bisa diandalkan Timnas Indonesia untuk arungi Kualifikasi Piala Asia 2023.

(Editor/Yusril Fahmi)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan