Sejarawan JJ Rizal telah meminta agar nama Jakarta International Stadium (JIS) diubah menjadi Stadion MH Thamrin.

Petisi diajukan karena Rizal menilai JIS melanggar UU No 24 Tahun 2009 karena menggunakan bahasa Inggris. Petisi tersebut berjudul “Lebih Cocok Nama JIS Menjadi Stadion M.H Thamrin!”.

64 orang telah menandatangani dengan tujuan mencapai 100 orang pada pukul 6 sore pada hari Selasa, 31 Mei 2022. Petisi tersebut dibuat melalui situs web change.org.

Menurut JJ Rizal, nama Jakarta International Stadium tidak menggunakan nama tokoh sejarah yang inspiratif, sehingga tidak bisa menginspirasi semangat persepakbolaan nasional.

Rizal menyebut nama MH Thamrin cocok untuk stadion bertaraf internasional.

“Thamrin adalah pahlawan nasional sekaligus tokoh Betawi, warga asli Jakarta.”

“…Lebih jauh lagi Thamrin pun bukan hanya pendiri bangsa yang gibol (gila bola),”

“…dalam arti doyan merumput, melainkan juga punya visi sepakbola modern Indonesia sebagai reaktor kebangsaan,” kata Rizal dalam deskripsi petisi tersebut.

Rizal menceritakan kisah MH Thamrin yang dahulu berjuang mengatasi masalah kualitas sepak bola pribumi yang mengalami diskriminasi.

Dedikasi dan warisan Thamrin untuk sepak bola Indonesia menjadi utang budi tak ternilai. 

Baca Juga:   JIS Muncul Lagi di Situs Buro Happold, Keterangan 'Sertifikasi FIFA' Hilang

Mereka yang mendorong petisi untuk mengubah nama JIS menyatakan bahwa mereka setuju untuk menggunakan nama-nama tokoh sejarah agar masyarakat tidak melupakan cerita tersebut.

“Setuju, kita jangan melupakan sejarah,” komentar Donny, seorang pendukung petisi.

Jakarta International Stadium sendiri mendapatkan banyak pujian sejak sudah mulai bisa digunakan, dengan bangunan yang megah stadion tersebut sempat digunakan kompetisi Internasional.

Saat JIS digunakan untuk International Youth Championship (IYC) 2021, stadion tersebut mendapatkan banyak pujian dari tim hebat Eropa, salah satunya Atletico Madrid.

Pelatih Atletico Madrid memberi pujian setinggi langit kepada stadion megah yang barusaja diresmikan tersebut.

“Pelatih, pemain, dan seluruh staf sangat senang berada dalam turnamen ini.”

“Kami senang menjadi yang pertama menjajal stadion ini. Pengalaman baru dan sangat menarik bagi kami bertanding di stadion megah ini,” kata Perez usai laga melawan Bali United, Rabu (13/4).

Selain pelatih, pemain lini belakang Atletico Madrid juga memberikan pujian atas megahnya stadion JIS.

“Ini stadion yang sangat bagus, atmosfernya, dan suporter yang hadir di sini. Hasilnya cukup bagus untuk kami. Saya tampil percaya diri dan saya menikmati pertandingan hari ini,” kata Cuellar.

(Editor/Yusril Fahmi)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan