Liga Indonesia disebut menjadi kompetisi paling bernilai di Asia Tenggara saat ini menurut data Transfermarkt dalam laporan @theaseanball. Kompetisi karta tertinggi Indonesia, Liga 1, menjadi sorotan di ASEAN.

Dalam data tersebut, Liga 1 punya valuasi nilai 74,32 juta euro (sekitar Rp1,2 triliun). Angka tersebut menjadi yang tertinggi seasia tenggara saat ini.

Catatan itu unggul tipis di atas Liga Thailand (Thai League). Liga 1 juga terhitung mengalami penaikan valuasi sebesar 2,45 juta euro (Rp40 miliar) dari tahun sebelumnya.

Sementara Thai League memiliki valuasi nilai 74,30 juta euro (sekira Rp1,2 triliun). Nilai Thai League dengan Liga 1 memiliki selisih sekitar Rp327 jutaan.

Sementara itu, Liga Vietnam (V League) justru mengalami penurunan per September 2023. Mereka berada di posisi keempat kompetisi paling bernilai di ASEAN.

Saat ini V League memiliki total nilai valuasi 38,05 juta euro (Rp624 miliar). Berbanding terbalik dengan Liga Super Malaysia yang justru mengalami kenaikan besar-besaran dari tahun lalu.

Baca Juga:   Baru Bergabung, Manajemen Singo Edan Langsung Target Javier Roca Terkam Maung Bandung

Nilai kompetisi utama Negeri Jiran itu naik hingga 17,8 euro (Rp291 miliar). Mereka pun menempati posisi ketiga dengan total valuasi 55,24 juta euro (Rp905 miliar).

Kemudian di posisi kelima ada Liga Singapura. Mereka sejauh ini memiliki valuasi nilai 20,07 juta euro (Rp329 miliar).

“Liga 1 Indonesia masih menjadi turnamen paling bernilai di Asean.

Baca Juga:   Manajemen Arema FC Segera Datangkan Javier Roca, Langsung Debut Vs Persib Bandung?

Sumber: okezone

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan