AFF, News  

Beda Nasib Thailand dan Indonesia, Kelolosan Thailand Bisa Ditentukan Jumlah Kartu Kuning !

Source: Twitter/@AFFPresse
Source: Twitter/@AFFPresse

Pasalnya, Timor Leste sanggup bermain 1-1 dengan Laos, tim yang juga menahan Thailand 1-1. Selain itu, Timor Leste menang 10-0 atas Brunei, sedangkan Thailand Cuma menang 5-0 atas lawan yang sama.

Baju Timnas Original

Seandainya, Timor Leste vs Thailand berakhir imbang dan di laga lain Laos menang atas Brunei, maka skema kelolosan Thailand harus melalui hitung-hitungan yang cukup rumit.

Pasalnya, koleksi poin Timor Leste, Thailand dan Laos sama-sama lima poin.

Baca Juga:   Soroti Persiapan Timnas U-16, Media Vietnam Sebut Indonesia Mengirimkan 'Surat Perang' untuk Tim Vietnam

Alhasil, bakal dibuat klasemen mini untuk menentukan siapa juara grupnya. Berikut regulasi head-to-head di Piala AFF U-16 2022 berdasarkan pasal 12.2:

  1. Poin tertinggi dari laga di antara dua tim atau lebih yang memiliki poin sama
  2. Selisih gol pada laga grup yang mempertemukan tim yang poinnya sama.
  3. Jumlah gol terjadi di fase grup di antara tim yang poinnya sama.
Baca Juga:   AFF Apresiasi Penampilan Timnas Indonesia U-16 usai Comeback Luar Biasa atas Vietnam

Merujuk kepada poin di atas, jika laga Timor Leste vs Thailand berakhir 0-0 dan di laga lain Laos menang tipis semisal 1-0 atas Brunei, Laos yang lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2022. Penyebabnya karena Laos total sanggup mencetak dua gol ke gawang Timor Leste dan Thailand.

Di saat bersamaan, Timor Leste dan Thailand hanya sama-sama mencetak satu gol. Lantas, bagaimana jika laga Timor Leste vs Thailand juga sama kuat 1-1? Jika kondisi di atas terjadi, Timor Leste, Thailand dan Laos mempunyai head-to-head yang sama persis.

Baca Juga:   Media Vietnam Sindir Suporter dan Pemain Timnas Indonesia U-16 yang Menangis setelah Kalahkan Vietnam di Piala AFF U-16

Dengan demikian, poin fair play bakal digunakan. Tim yang mendapatkan kartu paling minim bakal lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2022.

(Editor/Fathur Rozi)